Pakar Akutansi Syariah Sofyan Safri Tutup Usia

Jakarta (3/2)- Pakar akutansi syariah sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi Univeritas Trisakti Prof Dr Sofyan Safri Harahap meninggal kemarin malam, Kamis (2/2/12). Ia hembuskan nafas terakhir pukul 20.23 WIB di RS Cipto Mangunkusumo kamar 304, setelah selama 3 minggu dirawat. Ia tutup usia di usia ke 55.


Berdasarkan informasi yang dihimpun pkesinteraktif.com, Jenazah pagi ini (jum'at 3/2) akan tiba ke kampus Universitas Trisakti, Grogol pukul 10.00 untuk kemudian dilaksanakan upacara pelepasan jenazah. Setelah ba'da sholat jum'at, akan dilaksanakan shalat jenazah di Masjid Syuhada (masjid kampus trisakti). Kemudian jenazah akan dimakamkan d TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Seperti yang diketahui Sofyan Safri dikenal sebagai ekonom yang gigih memperjuangkan ekonomi Islam di negeri ini. Salah satu pendiri Islamic Economis and Finance (IEF) Trisakti ini, merupakan Wakil Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Selain itu berbagai jabatan juga banyak ia pegang terutama yang berkaitan dengan ekonomi Islam.

Berikut biodata singkatnya:
Sofyan Syafri Harahap lahir di Sipangko, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tahun 1956. Ia memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Sumatera Utara dan gelar Master dari Universitas Illinois, Chicago. Gelar Doktor diperoleh beliau dari Universitas Adelaide, Australia, dengan topik disertasi "Pengawasan Bank Indonesia terhadap Bank Komersial".

Ia memulai karirnya di Bank Duta di Medan (1984-1985), dan kemudian bekerja pada beberapa perusahaan akuntansi yang berbeda di Medan sampai dengan tahun 1992. Ia adalah Sekretaris Perusahaan dan Controller pada Bank Muamalat (1991-1992). Ia menjabat pada sebuah komite untuk pengembangan perbankan Syariah di Bank Indonesia (2005-2007), Komisaris Independen di Bank Syariah Mandiri (2002-2007), dan juga mengajar di Universitas Trisakti dalam bidang Islamic Economic and Finance (2004 - sekarang). Ia menjadi Dosen Tamu di INCEIF, Bank Negara Malaysia (2006 - sekarang) dan external examiner di University of Malaysia, Kuala lumpur (2006 - sekarang), La Trobe university, Australia, dan sebagainya.

Jabatan terakhir sebagai Komisaris Independen BNI Syariah sejak Juni 2010 dan Dekan FE Trisakti sejak Oktober 2011.
Selamat jalan dalam tidur panjangmu. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.(Ul)


http://pkesinteraktif.com/berita/91-umum/3193-pakar-akutansi-syariah-sofyan-safri-tutup-usia.html

Comments

Popular posts from this blog

BSM Dapat Suntikan Rp 300 Miliar

Produk Bank Syariah Harus Sesuai Subtansi Ekonomi Islam

Ekpansi Pembiayaan Menengah, BSM Lihat Potensi Daerah